11 manfaat buah pala yang ampuh mengatasi berbagai penyakit

jejamuan.com-Berbicara mengenai rempah rempah dan manfaatnya rasanya masih kurang lengkap jika kita tidak mengulik salah satu rempah  khas Indonesia yang berasal dari kepulauan Banda maluku ini, Sejak jaman Romawi buah ini sudah menjadi salah satu komoditas bernilai tinggi, buah apakah itu? Ya benar buah Pala.

Buah Pala menjadi salah satu rempah rempah yang banyak diincar oleh bangsa asing selain lada, salah satu alasan belanda menginvansi Indonesia jaman dahulu karena Indonesia punya sumber daya alam yang melimpah terutama tanaman rempah rempah khususnya lada dan Pala, karena nilai ekonominya yang sangat tinggi bila diperdagangkan ke seluruh dunia.

Pala atau (Myristica Fragrans) biasanya dimanfaatkan daging buah dan bijinya. Daging buah segar bisa dijadikan manisan sedangkan bijinya dikeringkan untuk dijadikan bumbu masakan ataupun diambil minyak atsirinya.

Habitat yang bagus untuk pertumbuhan pala adalah yang memiliki kelembaban tinggi, curah hujan yang tinggi. Serta banyak tumbuh di dataran rendah.

Pohon pala bisa tumbuh menjulang sampai ketinggian 30 meter. Pada awal pembibitan pohon pala biasanya dilakukan pengairan 2 x sehari apabila kondisi kemarau. Untuk pemberian pupuk an organik seperti urea bisa dilakukan 3 bulan sekali.

Masa panen pala biasanya dilakukan pada awal musim hujan dengan kondisi buah pala yang paling bagus, masa pertengahan musim hujan dengan quantity buah yang dipanen maksimal dibanding sebelumnya, kemudian diakhiri pada masa akhir musim hujan dengan quantity lebih sedikit dari bulan sebelumnya.

Indonesia menjadi slah satu negara pengekspor pala terbesar di dunia, dengan daerah penghasil Maluku, Aceh, jawa barat, Sulawesi, sumatera dan Papua.60% kebutuhan pala dunia dipenuhi oleh Indonesia.

Minyak Atsiri yang bisa dihasilkan dari pala dengan cara disuling yang bernama Myristicin punya segudang manfaat, selain bisa menjadi salah pestisida alami, juga dapat menjadi salah satu zat yang menambah rasa pada rokok, tapi mempunyai effek negatif menyebabkan halusinansi layaknya mengkonsumsi narkoba.

Selain sebagai aromatik pada bumbu masakan,  pala ternyata punya manfaat  yang luar biasa bagi tubuh, manfaatnya antara lain :

  1. Analgesik dan anti peradangan

Minyak atsiri yang terkandung dalam buah pala punya sifat mencegah terjadinya peradangan, terutama untuk nyeri sendi dan otot dan luka, cukup meneteskan beberapa tetes minyak atsiri pada bagian yang sakit lalu dioleskan merata, dilakukan beberapa kali terapi.

  1. Sebagai therapi bagi penderita insomnia

Zat aktif yang terkandung dalam minyak atsiri, terbukti bisa merelaksasi tubuh jika dipakai dengan dosis yang sangat kecil, sehingga membuat tubuh merasa nyaman dan tenang. Bagi orang yang insomnia biasanya otot tubuh tegang,maka dikendorkan dengan therapi minyak atsiri buah pala.

  1. Memperbaiki masalah pencernakan

Bagi orang yang terkena maagh dan perut kembung atau masuk angin, produksi gas di lambung sangat tinggi, sehingga perlu dikeluarkan, pala mempunyai kandungan zat yang bersifat karminatif atau mampu mengeluarkan angin dari dalam tubuh, sehingga perut tidak begah.

  1. Untuk kesehatan otak dan pembulu darah

Otak kita kadang bekerja terlalu berat sehingga kadang merasa pusing bahkan yang lebih parah bisa terkena stroke, bila diimbangi dengan kenaikan tensi darah.

Dalam buah pala terdapat senyawa afrodisiak yang berfungsi untuk menstimulasi syaraf otak, mengurangi kelelahan, merelaksasi sel syaraf otak sehingga menurunkan tekanan darah. Dapat meningkatkan mood dan stimulan yang bagus bagi tubuh yang baru sembuh dari sakit.

  1. Kesehatan gigi dan mulut

Sifat antibakteri yang dimiliki pala sangat effektif mengatasi masalah gigi dan mulut, seperti infeksi gusi, bau nafas dan peradangan disekitar mulut.

Extrak metanol yang dimiliki pala mampu menekan terjadinya kerusakan gigi dan karies gigi.

  1. Memperbaiki sel sel hati

Zat myrislignan yang terdapat pada pala disinyalir mampu memperbaiki sel sel hati yang rusak dan menurunkan gejala peradangan hati, sehingga bisa diterapkan pada orang yang menderita penyakit yang menyerang hati seperti fibrosis dan sirosis

  1. Zat anti kanker

Pada beberapa penelitian antioksidan yang terkandung dalam pala berfungsi layaknya kemoterapi yaitu menginduksi kematian sel kanker pada penyakit leukimia tanpa merusak sel sehatnya.

  1. Anti aging

Biji pala sangat tinggi anti oksidan yang terkandung di dalamnya,zat bioaktif macelignan berfungsi sebagai penunda penuaan dini akibat radiasi sinar UV.

9.sebagai penangkal radikal bebas

anti oksidan yangterkandung di dalam biji pala meningkatkan daya tahan tubuh anda.

10.penambah darah

zat besi yang tekandung di dalam biji pala berguna untuk menambah sel darah merah.

11.melancarkan peredaran darah