7 fakta mengejutkan tentang akar aren

akar aren

Pernahkan anda membayangkan pohon aren nan tinggi menjulang?pernahkah terlintas di pikiran anda bahwa akar aren bermanfaat untuk kesehatan?

Sayapun awalnya juga demikan sodaraku,bahwa tidak kepikiran barang sedikitpun bahwa.akararen ternyata memiliki khasiat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Pohon aren atau yang punya nama latin  Arenga pinnata dikenal juga sebagai enau, adalah tumbuhan yang beberbentuk seperti pohon palem.

Pohon aren tumbuh subur di daerah dataran rendah yang suhu udaranya relatif panas dengan curah hujan yang sedang misalnya di daerah pantai. Hampir sama habitatnya dengan pohon kelapa.

Pohon aren ternyata punya sejuta manfaat muai dari akar sampai buahnya.

Tahukah anda makanan khas bulan puasa yang biasanya banyak kita jumpai di pasar pasar sebagai bahan baku es buah,atau kolak yaitu kolang kaling adalah buah dari pohon aren.

Nira yang dihasilkan dari sayatan bunga mayang jantan pohon aren bisa diolah menjadi salah satu pemanis alami yang disebut gula aren.

Selain buah dan bunganya, daun pohon aren yang tua bisa digunakan sebagai atap rumah pengganti genteng,.

Ijuknya bisa dijadikan sapu, sedangkan batang pohon enau atau aren bisa dijadikan kayu bakar ataupun diolah menjadi mebel.

Yang terakhir adalah akar nya. Akar pohon aren ternyata sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Disini akan kita bahas tentang manfaat akar aren bagi kesehatan. Dalam beberapa penelitian diketahui bahwa akar kelapa mengandung kalium dan silikat yang berfungsi sebagai diuretik.

Sehingga sangat baik digunakan untuk pengobatan yang berhubungan dengan saluran kencing.

7 Manfaat akar aren untuk kesehatan

  1. Kencing batu

Penyakit kencing batu terjadi akibat adanya penumpukan batu kalsium oksalat yang terbentuk dari endapan berbagai macam mineral sampah.

Kandungan kalium yang terdapat dalam akar aren mampu menghambat pembentukan kalsium oksalat dan mudah larut dalam iar seni.

Dengan dipadu dengan kandungan silikat akar aren yang meningkatkan efek diuretik, jadi pebuangan urine lebih lancar.

Rebusan akar aren diminum rutin setiap pagi sampai endapan batu luntur dan menghilang serta kencing menjadi lancar.

  1. Sebagai anti peradangan pada infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing akan sangat mengaggu sekali, disamping menimbulkan perasasan tidak nyaman bagi penderitanya juga berakibat fatal bila tidak segera diatasi.

Infeksi didalam saluran kencing bisa diobati dengan minum rebusan akar aren yang punya efek anti peradangan serta diuretik yang tinggi, sehingga dengan terapi selama beberapa hari, infeksi akan segera sembuh .

  1. Melancarkan menstruasi

Dengan minum air rebusan akar aren secara teratur masalah menstruasi bisa teratasi, sakit akibat menstruasi juga bisa berkurang.

  1. Mengatasi memar atau bengkak

Kandungan anti inflamasi yang terkandung dalam akar aren mampu meredakan memar atau bengkak.

  1. Antioksidan

Kandungan flavanoid dan poifenol sebagai antiosidan yang tinggi dalam akar aren sangat banyak manfaatnya tertama dalam menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel sel tubuh yang rusak.

  1. Mengurangi resiko diabetes, kanker dan hipertensi

Antioksidan yang terkandung dalam akar aren sangat efektif memperbaiki kerusakan sel sel yang rusak misalkan pada pankreas utk penderita diabetes, sehingga fungsi pankreas untuk memproduksi insulin bisa maksimal lagi.

Pada sel kanker ternyata antioksidan ini mampu menyerang sel kanker tanpa merusak sel sehat sehingga pertumbuhan kanker terhambat.

Efek diuretik yang dihasilkan oleh akar aren ternyata bisa menstabilkan tensi darah. Sebagai informasi bahwa sebagian obat hypertensi yang beredar adalah obat dengan efek diuretik.

  1. Anti fungi dan anti bakteri

Kandungan saponin dalam akar aren ternyata punya manfaat yang luas yaitu sebagai anti fungi dan antibakteri sekaligus poenghambat pertumbuhan tumor.

Baca juga : Jual bahan baku jamu tradisional