Cara mengoati bisul secara alami

jejamuan.com-Pernahkah anda mengalami sakit bisul?tentu tidak mengenakan bukan? Jiak anda sedang mengalami sakit bisul yuk baca laman ini sampai selesai.

Bisul adalah suatu kondisi yang  kulit mengalami pembengkakan pada kulit,yang berisi nanah atau darah kotor rasa nyeri yang di timbulkan tentu sangat tidak nyaman untuk aktivitas anda.

Bisul atau biasa di sebut furunkel biasanya terjadi di area ketiak,pantat,bahu dan kaki mungkin juga di area tangan dan lengan.

Penyebab bisul

Bisul umumnya terjadi karena gesekan kulit dan keringat yang terdapat bakteri Staphylococcus.

Diawali dari benjolan kecil yang keras berwarna merah, bisul bisa menimbulkan rasa nyeri menyakitkan bagi penderitanya. Karena rasa tidak nyaman itu, sebagian orang memilih menggunakan bahan alami untuk mengatasinya.

 

Banyak orang masih memercayai kalau penyebab bisul, atau dalam istilah medis disebut furunkel, bersumber dari makanan, seperti telur. Padahal, itu adalah keliru. Bisul sebenarnya disebabkan oleh infeksi bakteri, kebanyakan oleh bakteri Staphylococcus.

 

Biasanya, benjolan ini muncul karena kurang jaga kebersihan kulit, ada jerawat atau luka sebelumnya sehingga memudahkan bakteri masuk. Furunkel dapat terjadi di area kulit mana saja, meski umumnya muncul di leher, bokong, paha, dan juga ketiak.

Gejala bisul biasanya sebagai berikut:

Benjolan keras, merah, dan nyeri biasanya berukuran sekitar setengah inci.

Selanjutnya, benjolan menjadi lebih lembut, lebih besar, dan lebih nyeri. Kantong nanah pun terbentuk di bisul.

Kulit di sekitar bisul menjadi terinfeksi. Menjadi merah, nyeri, hangat, dan bengkak.

Dalam kasus yang berat, dapat muncul lebih banyak bisul, demam bisa terjadi, serta dapat terjadi pembengkakan kelenjar getah bening.

Cara mengobati bisul

1.kompres dengan air hangat

2.minyak pohon teh dan minyak zaitun sebagai anti bacterial

3.Gunakan minyak jarak

Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat. Senyawa ini bersifat anti-inflamasi yang kuat. Minyak jarak juga memiliki sifat antibakteri yang kuat, sehingga membuatnya menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati bisul. Oleskan sedikit minyak jarak langsung ke bagian bisul setidaknya 3 kali sehari sampai hilang.

4.Gunakan minyak mimba (neem oil) Minyak mimba yang juga dikenal sebagai lilac India, memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang membantu mengobati infeksi kulit, termasuk bisul dengan ceoat.

5.Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai anti oksidant dan anti bacterial  dan car membuatnya pun cukup mudah Bawang Putih diparut atau ditumbuk, campurkan air bersih 1 sendok teh, aduk hingga merata,lalu  Tempel ramuan disekitar mata bisul, jika belum terlihat matanya, temple pada tempat yang sakit

6.Bubuk kunyit

Kunyit mengandung anti bacterial yang dipercaya ribuan tahun sebagai  oabat bisul yang manjur

7.salep bisul

Salep khusus bisul sama efektifnya dalam mengobati bakteri penyebab bisul.

Cara mengeluarkan nanah pada bisul

Setelah di obati dengan abat herbal di atas,maka langkah selanjutnya adalah mengeluarkan nanh pada bisul.proses pengeluaran nanah pda bisul sebaiknya menunggu bisul agar benar benar matang.

Pijit atean bisul pelan pelan sampai nanah benar benar keluar semua dan pastikan membersihkan area bukas luak bisul agar tidak menyebar ka area tubuh yang lain.