Ini lho manfaat jahe yang perlu kamu ketahui

jejamuan.com

 

Tanaman empon empon memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat sejak jaman nenek moyang kita dahulu, khasiatnya sebagai obat alami dalam  menyembuhkan berbagai macam penyakit menjadi salah satu alternatif therapy  alami bagi masyarakat sebagai pengganti obat kimia

Salah satu tanaman empon empon yang punya banyak khasiat adalah Jahe yang punya nama latin Zingiber officinale Rosc  yang masih satu suku zingiberaceae  dalam bahasa yunani  zingiberi punya arti tanduk hal ini disebabkan bentuk rimpang dari jahe sendiri yang mirip dengan tanduk rusa.

Tanaman jahe memiliki beberapa jenis  di indonesia yang lazim dikenal oleh masyarakat

 ada jahe merah, jahe gajah, jahe emprit. Dan perlu anda ketahui bahwa jahe hanya bisa hidup dan berkembang di daerah tropis, dan dilewati khatulistiwa seperti Asia Tenggara, Brasil, Afrika. Untuk saat ini negara Brasil dan Equador yang menjadi supplier jahe bubuk maupun kering yang terbesar di dunia.

Jahe sendiri sebenarnya berasal dari China dan India, namun keragaman jenis jahe yang paling lengkap ditemukan di Myanmar dan India.penyebaran jahe sendiri terbesar di belahan timur , khususunya Indo Malaya sebagai asal muasal sebagian besar genus zingiberaceae.

Manfaat dari tanaman jahe sendiri sangat banyak, aroma jahe segar yang kuat juga kandungan ginggerol yang masih banyak sangat baik untuk dipergunakan sebagai bumbu masakan seperti sea food sebagai penghilang bau amis pada masakan, selain itu juga bisa dicampur dalam minuman sebagai penghangat badan dikala cuaca dingin.

Dalam dunia kesehatan jahe digunakan sebagai  berbagai pengobatan sebagai berikut

  1. Memperlancar pencernaan

Gejala iritasi pada lambung dapat diatasi dengan kandungan phenolic dengan menstimulasi air liur dan mencegah kolik perut. Salah satu kandungan jahe bersifat carminative yaitu dapat mengeluarkan gas yang berlebih dalam pencernaan.

  • Pencegah Morning Sickness, vertigo maupun refluks akibat chemotheraphy
  • Analgesic

Sebagai pengilang rasa sakit pada saat menstruasi pada wanita, dan dapat meringankan sakit otot yang diakibatkan karena berolahraga.

  • Sebagai Diaprothic

Rasa hangat ditimbulkan ketika mengkonsumsi jahe dapat memicu pengeluaran keringat, hal ini sangat bermanfaat ketika anda sedang demam ataupun flu, karena hal ini membantu proses detoksifikasi selain itu ternyata keringat ini dapat melindungi dari mikroorganisme penyebab penyakit kulit.

  • Cancer protector

Gingerol yang terdapat dalam jahe terbukti mampu mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar, serta dapat mencegah perluasan sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi.

  • Anti inflamasi

Ginggerol dalam jahe sangat banyak sekali manfaatnya salah satunya sebagai anti inflamasi denngan cara menghambat komponen penyebab inflamasi.

  • Anti obesitas

Jahe mampu menekan nafsu makan karena mampu meningkatkan laju metabolisme dan jumlah kalori yang terbakar.

  • Mencegah aterosklerosis

Atero skleriosis sendiri adalah penumpukan lemak pada pembulu darah arteri. Karena kandungan zat dalam jahe yang berperan dalam pembakaran lemak sehingga mencegah penumpukan.

Karena pendeknya masa simpan jahe segar yang habis dipanen maka diperlukan pengolahan lanjutan agar tetap layak konsumsi. Biasanya supllier jahe memasarkan hasil olahan jahe dalam beberapa bentuk ada yang berupa jahe kering, awetan jahe, jahe bubuk, minyak jahe, dan oleoresin jahe.

Seperti apa sih awetan jahe dan oleoresin itu, nah disini kita akan bahas yang disebut awetan jahe yaituhasil pengolahan jahe segar dengan cara tradisional seperti ting ting jahe, acar jahe, asinan jahe, sirup jahe dan jahe bubuk instan. Semua olahan ini biasanya banyak kita jumpai di pusat oleh-oleh, sedangkan Oleoresin sendiri adalah hasil pengolahan lebih lanjut dari tepung jahe dengan kandungan minyak atsiri 15 – 35%.

Di benua Eropa produk olahan jahe yang berupa ginger ale sangat digemari yaitu minuman ringan berkarbonasi yang diberi rasa jahe, untuk di jepang danTiongkok produk  asinan jahe masih jadi favorite begitu juga sirup jahe . kalau di indonesia yang paling banyak diminati dari olahan jahe adalah sekoteng dan bandrek, serta kalau kita nongkrong di angkringan pasti kita mudah menjumpai wedang jahe, ataupun susu jahe.

Manfaat yang begitu banyak dari tanaman jahe membuka jalan bisnis bagi supllier jahe di Jabotabek, Surabaya, Jogjakarta, Solo, Sukoharjo, Jawa tengah, Semarang, Kalimantan, Sumatera sampai Papua untuk memasarkan produknya baik secara online maupun offline, Supplier jahe merah yang sedang naik daun sebagai bahan baku minuman herbal juga mulai memetik hasil dari trend hidup sehat dengan herbal.