Kencur si empon-empon dengan sejuta manfaat

http://jejeamuan.com

Sebagai salah satu negeri penghasil rempah rempah terbesar di dunia, indonesia memiliki keanekaragaman  rempah rempah yang sangat banyak atau variatif, dimana semuanya mempunyai berjuta manfaat terutama sebagai  bahan obat obatan herbal dan bumbu masakan. salah satunya tanaman yang punya nama latin Kaempferia galangal dikenal di Indonesia dengan nama kencur, atau cikur bahasa sundanya.

Cikur atau kencur berbentuk umbi rimpang dari famili jahe jahean, yang akar maupun batangya tertanama kedalam tanah dan berkembang biak dengan rimpang biasanya sangat mudah tumbuh di daerah tropis, tanaman yang diduga berasal dari India ini tidak membutuhkan banyak air untuk pembudidayaanya dan banyak tumbuh liar. Kencur dapat dimanfaatkan seluruh bagian tubuhnya dari umbi sampai daun.

Kencur merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui, kencur mulai dibudidayakan secara meluas di asia tenggara seperti malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura,lalu ke Cina selatan kemudian ke Nusantara  diantaranya ke Jawa tengah, jawa timur, Jawa barat, sumatera, kalimantan, Papua, Jabotabek, bahkan sampai maluku dan kemungkinan di introduksikan ke australia Utara.

Aroma dan cita rasa yang unik dari kencur menjadi salah satu penyedap setiap masakan seperti seblak, urap, sayur bobor dan banyak makanan khas indonesia yang berbumbu kencur, disamping aroma dan cita rasa yang khas ternyata ini lho salah satu alasan untuk mengkonsumsi kencur, yaitu banyaknya kandungan manfaat seperti :

  • Protein
  • Serat
  • Mineral ( Kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, selenium dan Zinc)
  • Vitamin C, Vitamin B, Vitamin K dan Folat
  • Minyak atsiri.

Sejak jaman dahulu  kencur atau cikur merupakan salah satu tanaman obat yang berguna mengobati sakit dan dapat  dimanfaatkan  untuk menambah nafsu makan terutama bagi anak anak kecil bisa juga untuk orang dewasa, cara pemberiannya bisa difiltrat atau diperas sarinya kemudian di cekokin ke anaknya atau bisa juga dikunyah umbinya jika anaknya mau. Bisa juga dikonsumsi sebagai olahan jamu contohnya jamu beras kencur.

Kandungan bahan aktif obat herbal atau fitofarmaka yang terkandung dalam ekstrak kencur mempunyai efek terapi bagi berbagai penyakit, inilah beberapa manfaatnya :

  1. Sebagai Pencegah Kanker

Rimpang kencur yang mengandung etip p-metoksisinamat berfungsi untuk menghambat proliferasi sel karsinoma pada hati yang berfungsi sebagai anti kanker, sedangkan aroma kencur yang unik dan khas ternyata bisa memberikan effek menenangkan bagi tubuh.

  • Anti bakteri

Salah satu kandungan kencur yaitu methanol ternyata sangat efektif mengatasi bakteri yang menyebabkan penyakit yang merusak siitem syaraf pusat, serta sangat effektif membunuh amoebic keratitis yang menyebabkan infeksi kornea mata serta mampu membunuh cacing parasite penyebab toksokariasis. Kencur aman untuk ibu hamil.

  • Meluruhkan batu pada saluran kencing

Terapi dengan meminum filtrat atau hasil perasan kencur yang dicampur dengan segelas air hangat sekali sehari  secara teratur ternyata mampu membantu mengatasi masalah kencing batu.

  • Anti inflamasi dan anti oksidan

Membungkus  parutan  kencur dicampur dengan parutan bawang merah dengan daun pisang lalu dipanaskan sebentar diatas api sampai hangat setelah itu balurkan parutan yang sdh dipanaskan tadi keatas perut yang sakit, ternyata terbukti mengatasi masalah pencernaan dan diare.

Selain untuk diare, anti inflamasi yang terkandung dlm kencur mempunyai fungsi bagi kesehatan yaitu fungsi kencur untuk batuk dan obat pilek bayi.

  • Menurunkan kolesterol darah

Etanol yang terkandung dalam extract kencur mampu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah.

  • Sebagai obat infeksi jamur

Dengan memakan atau berkumur kencur dapat menghambat pertumbuhan candida albicans yang biasanya terdapat dalam mulut, vagina dan saluran pencernaan.

Hal diatas baru sebagian manfaat dari tanaman kencur, melihat nilai bisnis yang bisa dihasilkan dari pengolahan kencur ini sangatlah besar. Pangsa pasar kencur juga mulai meningkat seiring dengan perpindahnya gaya hidup masyarakat yang mulai menyukai sesuatu yang organik dan alami, apalagi dalam hal pengobatan.

Bahan baku yang diperoleh dari Petani biasanya diolah lagi oleh para produsen menjadi kencur bubuk ataupun kencur  irisan kering agar daya simpan kencur lebih lama dan lebih mudah dalam pengemasanya ketika dikirim. Begitu besar pangsa pasar kencur kering ini bahkan sudah mencapai skala expor ke negara negara luar.