manfaat daun tempuyung untuk kesehatan

jejamuan.com-Jauh sebelum ditemukan obat obatan kimia seperti sekarang, nenek moyang kita memanfaatkan kearifan alam dengan menggunakan berbagai macam tanaman sebagai pengobatan ataupun sebagai menjaga kesehatan. Tanaman tanaman yang mempunyai khasiat pengobatan ini kita sebut sebagai herbal.

Tempuyung merupakan salah satu herbal yang sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tempuyung sendiri tergolong tumbuhan tak berkayu dan sangat menyukai  sinar matahari, dan berkembang biak dengan biji yang terbawa angin.

Di beberapa tempat tempuyung disebut juga lobak air, lempung, rayana, jombang lalaki, lampenas dan galibug. Tumbuh liar di pinggir jalan, sela sela parit ataupun tembok yang tidak terawat. Termasuk suku Asteraceae sangat bagus pertumbuhannya di dataran rendah dan tinggi antara 50 – 1600 mdpl.

Asal muasal tempuyung diperkirakan berasal dari eurasia. Dia tumbuh dengan baik di daerah yang tinggi curah hujannya. Ada dua jenis tempuyung yag bisa ditemui yaitu tempuyung dengan daun besar disebut rayana dan tempuyung berdaun kecil disebut lempung.

Cita rsa khas dari tempuyung adalah pahit tetapi banyak orang yang menjadikan daun muda dan batang tempuyung sebagai lalapan.

Selain sebagai bahan makanan manfaat lain dari tempuyung adalah sebagai bahan herbal untuk pengobatan.beberapa jenis penyakit yang bisa diobatai dengan mengkonsumsi filtrat tempuyung diantaranya adalah :

  1. Tekanan darah tinggi

Adanya kandungan antioksidan yang tinggi sehingga kandungan daun tempuyung bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel sel darah dan memperlancar sirkulasi darah sehingga mengurangi resiko hipertensi.

Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah hanya dengan menyantapnya sebagai lalap atau olahan sayur dan dikonsumsi 3 kali sehari. Maka akan menjaga tekanan darah menjadi lebih stabil.

  1. Meluruhkan batu ginjal

Kandungan kalium yang luar biasa tinggi mampu menguraikan kalsium karbonat dan melarutkan dirinya dengan zat lain yang terdapat dalam batu ginjal sehingga batu ginjal lebih cepat luruh.

  1. Anti inflamasi

Senyawa anti radang yang terkandung dalam daun tempuyung ternyata sangat efektif mengatasi wasir, cara terapinya adalah dengan meminum air rebusan daun tempuyung dan memepelkan daun tempuyung yang telah ditumbuk ke dalam rektum

  1. Obat asam urat

Kandungan kristal asam urat yang mengendap ke dalam aliran darah yang biasanya didapati pada penderita asam urat bisa diluruhkan oleh kalium yang terdapat dalam tempuyung, sehingga bisa dikeluarkan bersama urin.

  1. Mengobati luka bakar atau memar

Luka bakar akibat putung rokok atau arang bisa diobati dengan mengoleskan tumbukan daun tempuyung yang telah ditumbuk.

Selain mengobati luka bakar tempuyung juga efektif mengobati memar akibat kecelakaan atau pukulan.

  1. Mengobati infeksi telinga

Gangguan pendengaran yang diakibatkan karena infeksi dapat diatasi dengan meneteskan rebusan air daun tempuyung, tapi harap diperhatikan untuk pengaplikasiannya perlahan lahan dan hati hati.

  1. Anti tumor dan kanker

Flavanoid yang terkandung dalam tempuyung sangat efektif menangkal kerusakan sel sehat dan mampu merusak atau mencegah perkembangan dari sel tumor atau kanker sehingga mampu mencegah penyebaran tumor menjadi lebih luas.

  1. Mengatasi bisul

Peradangan yang terjadi pada bisul dapat diatasi dengan menempelkan tumbukan daun tempuyung pada daerah yang terkena bisul selama beberapa kali sehingga bisul mengempis dan peradangan berkurang.

  1. Sebagai penguat tulang

Kandungan kalsium yang terdapat dalam senyawa daun tempuyung bisa bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi juga mencegah pengeroposan tulang.