Manfaat lengkuas untuk kesehatan

Bumbu dapur yang satu ini wajib ada di rak bumbu kita, setiap mau masak santan, oseng, rica rica, gulai  pasti akan menggunakannya. Rempah ini bernama lengkuas atau bahasa latinnya Alpinia galaga dalam bahasa lain biasa disebut laos. Biasanya pada masakan jawa lengkuas akan disandingkan dengan daun salam untuk menambah aroma masakan.

Lengkuas sendiri merupakan tumbuhan rempah yang sejenis umbi umbian yang adaptif, dapat dibudidayakan di dataran rendah maupun dataran tinggi. Perbanyakannya secara vegetatif dengan menggunakan akar rimpang.

Untuk lengkuas sendiri ada 2 jenis yaitu yang berumbi kemerahan dan yang berumbi putih, biasanya lengkuas putih banyak dimanfaatkan untuk bumbu dapor sedangkan lengkuas merahbiasanya dipakai untuk bahan obat.

Karena kita akan membicarakan mengenai lengkuas sebagai bahan obat maka kita akan bahas mengenai lengkuas merah yang memang memiliki zat aktif untuk pengobatan lebih tinggi dari pada lengkuas putih.

Zat kimia yang bermanfaat untuk kesehatan paling tinggi terkandung di dalam bagian rimpangnya, diantaranya adalah :

  1. Minyak terbang
  2. Pinen
  3. Metil sinamat
  4. Kaemferida
  5. Minyak atsiri
  6. Basonin
  7. Eugenol
  8. Galangan
  9. Galangol
  10. Saponin, tannin dan Flavonoida

Dari begitu banyaka zat aktif yang terkandung dalam rimpang lengkuas, mari kita coba bedah secara garis besar manfaat dari tiap zat yang terkandung dalam rimpang lengkuas ini.

  1. Sebagai agen perangsang keluarnya hormon seretonin

Eugenol dan galangol mampu merangsang terlepasnya seretonin di otak dimana hormon ini sangat penting untuk mengendalikan mood, emosi, sebagai pengendali gerak, dan sebagai penimbul perasaan bahagia dan semangat ketika kita mengkonsumsi nya.

  1. Anti inflamasi

Galangan berfungsi menghambat kinerja enzim siklo oksigenase dan lipoksigenase pada derah yang terkena peradangan yang menyebabkan rasa nyeri  sehingga peradangan bisa ditekan dan rasa nyeri yang timbul bisa dikurangi.

  1. Anti bakteri

Kandungan Saponin, tannin dan Flavanoida mempunyai effek mencegah berkembangya bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi, sehingga mengaplikasikan ekstrak lengkuas untuk mengobati infeksi gusi, sari awan, maupun tenggorokan bisa mempercepat proses penyembuhan.

Pada kasus diare yang disbabkan karen ainfeksi bakteri, air rebusan lengkuas dicampur madu kemudian diminum 2 kali sehari akan mempercepat kesembuhan penderita diare.

  1. Anti jamur

Eugenol selain sebagai agen menstimulus kerja seretonin juga mempunyai effek anti candida atau jamur, cukup mengoleskan parutan lengkuas ke daerah yang terkena panu sehari 3 kali maka akan dapat dirasakan manfaatnya.

  1. Sebagai mood booster

Selain Galangan dan eugenol ada satu zat aktif lagi yang bernama basonin yang sangat bagus untuk merangsang peningkatkan vitalitas dan semangat tubuh. Sehingga akan memacu meningkatnya imunitas tubuh

  1. Mengobati campak

Cara nya adalah dengan mencampur parutan lengkuas dengan kayu putih dan minyak gondopuro kemudian oleskan tipis tipis larutan tersebut ke atas kulit yang terkena bintik bintik campak.

Lakukan rutin setiap habis mandi, penyakitpun akan mereda.

  1. Mengobati sakit limfa

Caranya adalah dengan merebus bersamaan lengkuas, temulawak dan segenggam daun maniran dengan iir bersih, Setelah susut airnya diamkan dan setelah hangat bisa diminum 2 kali sehari 1 cangkir pada pagi dan sore hari.

  1. Antioksidan

Kandungan vitamin C pada lengkuas mampu membantu proses rejuvenasi kulit dan menghambat penuaan dini, selain itu efek anti inflamsi nya mampu mengatasi alergi pada kulit.

Baca juga :Distributor Lengkuas berkualitas

Jamu herbal untuk kecantikan