Manfaat tersembunyi dari daun srikaya

jejamuan.com

Siapa yang tidak mengenal buah Srikaya, atau yang dikenal dengan dengan nama latin Annona squamosa. Buah yang punya rasa manis legit dan bau yang harum ini ternyata punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho.

Buah srikaya ketika matang akan berwarna hijau kekuningan. Selain sebagai sumber vitamin, ternyata buah srikaya merupakan salah satu sumber zat besi yang baik, menguatkan tulang dan menstabilkan gula darah serta bagi yang bermasalah dengan pencernaan, ternyata baik juga untuk mengobati sembelit.

Tanaman srikaya ternyata tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, kita juga bisa lho mengkonsumsi daun srikaya untuk mengobati beberapa keluhan kesehatan, yakni :

  1. Sebagai analgesik

Terutama bagi penderita peradangan sendi atau rheumatik, mengkonsumsi  beberapa lembar daun sirsak yang direbus dengan air akan meredakan rasa sakit akibat peradangan.

  • Memelihara kesehatan jantung

Kalium dan magnesium yang terdapat dalam daun sirsak berfungsi merelaksasi otot jantung sehingga tidak mudah terkena stroke maupun sakit jantung

  • Mengatasi batuk serta demam

Adanya kandungan alkaloid yang antara klain berguna sebagai antiinflamasi, analgesik, antimikroba,serta anti oksidan mampu memperbaiki kondisi imun tubuh yang turun, sehingga mempercepat pemulihan bagi penderita influenza.

  • Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun srikaya mampu menangkal radikal bebas serta menghambat penuaan sel sel kulit.

  • Menstabilkan gula darah

Sifat daun srikaya yang kaya akan serat ternyata berkhasiat untuk memperlambat penyerapan gula dalam tubuh, sehingga gula darah cenderung stabil.

  • Fungsi detoksifikasi tubuh

Air rebusan daun srikaya bisa mendetoksifikasi racun tubuh , dan meningkatkan fungsi metabolisme tubuh. Kandungan ketones yang terdapat didalamya dapat mengubah lemak menjadi energi.

  • Menghilangkan kutu rambut

Keramas dengan menggunakan campuran daun srikaya yang dihaluskan dicampur dengan minyak kelapa terbukti bisa mengurangi bahkan menghilangkan populasi kutu rambut di dalam rambut.

  • Mengatasi kanker

Senyawa annonacin yang terdapat dalam daun srikaya ternyata punya manfaat yang sangat baik bagi penderita kanker, fungsi annonacin layaknya khemoterapy, yaitu menyerang sel kanker hanya saja effeknya sangat minimal, tidak menyebabkan kerusakan sel disekitanya.

  • Anti spasmodik

Di india, masyarakat menumbuk daun srikaya kemudian menghirup tumbukan daun tersebut  agar memenangkan kepanikan, utnuk menenagkan saluran pencernaaan yang terkena spasme atau kolik bisa dengan mengjkonsumsi air rebusan daun sirsak atau teh daun sirsak.

  1. Anti oksidan dan anti jamur

Kandungan alkaloid yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi dari jamur kulit dapat diperoleh dengan mengektrak daun srikaya  segar kemudian mengoleskan pada bagian yang berjamur dengan rutin.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Sebelum ditemukannya obat obatan kimiawi, orang jaman dahulu menggunakan tumbukan daun srikaya pada lukanya sehingga cepat mengering dan tidak menyebabkan infeksi.

srikaya tumbuh subur di daerah tropis, seperti asia tenggara, asal muasal buah ini tidak diketahui keberadaannya, hanya saja buah ini sudah dikenal lama oleh masyarakat indonesia dan menjadi salah satu buah yang mahal karena belum banyak yang membudidayakan secara komersil, karena karakteristik dari buah srikaya yang termasuk buah yang rumit untuk penyimpanannya sehingga sangat mudah rusak.

Pohon srikaya termasuk jenis tanaman perdu, jika tumbuh dia alam liar pohonnya bisa mencapai tinggi sampai 8 meter. Selam ini pohon tidak berbuah sepanjang tahun, ada masa masa tertentu buah srikaya berbuah dan matang, oleh karena itu kebanyakan orang akan memanfaatkan daunnya untuk kesehatan.

Daun segar dari srikaya sangat baik dimanfaatkan untuk terapi luar tubuh, seperti luka, jamur, kutu. Sedangkan terapi dalam tubuh biasanya memakai daun srikaya kering atau juga bisa daun srikaya segar.

Dalam perkembangannya, daun srikaya kering mulai diolah menjadi semacam teh herbal yang berisi daun srikaya saja atau dicampur dengan bahan lain yang berguna untuk memaksimalkan effek pengobatan atau terapi.

Teh daun srikaya atau daun srikaya kering sudah banyak dijumpai di pasaran, banyak produsen atau supllier herbal yang menawarkan kemasan daun srikaya dalam bentuk teh maupun kering. Pangsa pasar yang dirambah pun sudah semakin meluas, di solo, sukoharjo, semarang, wonogiri, jogja, jawa tengah, bogor, jakarta, depok,bekasi, jabotabek dan sekitarnya, bahkan sudah merambah ke luar negeri seperti malaysia, singapur, vietnam,filipina, bahkan ke eropa dan amerika.